RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK IPTEK JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Materi Pokok : Teks lisan dan
tulis untuk memberi tawaran/saran dan responnya
Alokasi Waktu : 4
JP ( 2 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati
danm,engamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungann alam serta sosial dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktuan, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukka
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator:
• Students are able to identify what is offer
• Students are able to identify what is suggestion
• Students are able to differentiate between offer and suggestion
• Students are able to explain the usage of offer
• Students are
able to explain the usage of suggestion
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
Indikator
:
• Students are
able to offer based on context properly
• Students are
able to respond to an offer properly
• Students are
able to give suggestion based on context properly
• Students are
able to respond suggestion properly
• Students are
able write offering expression correctly
• Students are
able to write suggestion correctly
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan teks lisan
dan tertulis untuk memberi
saran dan tawaran dan responnya sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dengan menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
EXPRESSION OF
GIVING AN OFFER AND SUGGESTION
Offer Suggestion
Could I ... Let’s go ....
I Offer ... We propose
...
Will I…. I Suggest….
Shall I… We Advocate
Can we… I put forward
Would you… I advice
Example
:
Could I bring you a cup of tea?
|
RESPONDING TO
SUGGESTIONS
RESPONDING TO OFFERS
A. Metode
Pembelajaran:
·
TBL (Task Based Learning), Diskusi, Tanya-jawab,dan Presentasi
·
Model
Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition)
B.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media : VCD dan Power Point
Presentation
2.
Alat : Laptop, LCD, dan
Speaker Active
3.
Sumber Belajar : English Book
Class XI Semester 1
C.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran memberi
saran dan tawaran dan responnya sesuai;
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereviw materi sebelumnya dan juga tentang memberi saran dan tawaran dan responnya
sesuai materi yang akan dipelajari:
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus.
a. Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (20’)
Peserta
didik membaca dongeng yang dibagikan guru. Setelah itu peserta
didik menonton
gambar-gambar tentang dongeng yang terkenal di Indonesia maupun di mancanegara yang ditayangkan guru. (Peserta didik melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan
guru berupa lembar kerja)
Peserta
didik belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu
dari gambar yang ditayangkan melalui beberapa pertanyaan
arahan.
Mengumpulkan Informasi (40’)
·
Peserta
didik secara berpasangan menemukan gagasan pokok,
informasi tertentu dan informasi rinci serta fungsi sosial dari teks cerita dongeng
yang dibaca.
·
Peserta
didik secara berkelompok menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi
rinci, fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari cerita dongeng yang dibaca.
b. Penutup
(5’)
·
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation. You did a good job today, I’m very happy with
your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
·
melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca
melalui internet berbagai deskripsi tentang folklore (cerita dongeng).
·
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan
2
a. Kegiatan
Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran Teks lisan dan tulis
untuk memberi tawaran/saran dan responnya
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereviu materi sebelumnya dan mengkaitkannya dengan
materi yang akan dipelajari:
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti (75’)
Mengumpulkan Informasi (45’)
·
Peserta
didik secara berkelompok membacakan macam- macam ungkapan memberi tawaran/saran dan responnya dari berbagai sumber yang sudah ditugaskan
sebelumnya dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
· Peserta didik secara berkelompok melakukan dialog dengan teman sebaya berdasarkan
pertanyaan-pertanyaan arahan dari guru.
· Peserta didik menulis dialog tentang memberi
tawaran/saran dan responnya.
· Peserta didik mengerjakan latihan yang ada di buku sesuai teks struktur dan unsur kebahasaannya
Mengasosiasi (30’)
·
Peserta didik menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan
tawaran dengan
mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
·
Peserta didik
memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap yang
dia sampaikan dalam kerja kelompok.
c. Penutup
(5’)
·
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
You did a great
job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your
participation. By the way, how do you
feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your
success during my class in your journal,
·
Peserta didik
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberi, dan menerima saran dan tawaran dalam jurnal belajar (learning journal).
·
melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas menulis dongeng yang berasal dari daerahnya masing-masing
·
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan
kegiatan membuat poster biografi tentang tokoh terkenal.
D.
Penilaian hasil pembelajaran
· Jenis/instrumen/rubrik
1.
Kinerja (praktik)
a.
Melakukan
dialog tentang
memberi tawaran/saran dan responnya
di depan kelas / berpasangan dengan kriteria ketepatan dan
kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat
teks dialog tentang
memberi tawaran/saran dan responnya
b.
Melaksakan
Kegiatan saintifik (5 M)
Aspek
Kegiatan
|
SIKAP/ PERILAKU
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan
beberapa teks)
|
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
|
Fungsi sosial,
ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif
|
Menemukan informasi dan menjawab
pertanyaan:
1. Did the fisherman like
asking the fish for wishes? How did he feel about it? Do you think he could
have done something else instead of going back to the fish
again and again?
2.
The story doesn't reveal how the prince was turned into a fish. What
do you think might have happened?
3.
Do you think the prince will stay a fish forever?
4.
What happened at the end of the story? Please describe?
5.
Why did the fisherman's wife keep asking her husband to go back to the
fish?
6.
What do you think of fisherman's wife? Do you feel sorry for her? Or
do you feel angry with her? Discuss.
7.
If you had a chance to rewrite the story, how would the story end?
Write your ending of the story.
8.
Imagine you are the fish in the
story. Can you narrate the story from his point of view?
9.
What lesson did you learn from this story?
|
MENANYA
|
Peduli
Tanggung jawab
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif
|
Keterampilan bertanya berbagai informasi
tentang fungsi sosial, dan unsur
kebahasaan serta isi teks memberi tawaran/saran dan responnya di depan kelas
|
MENGUMPULKAN DATA
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif
|
·
Melakukan
dialog
·
Bercerita tentang sebuah dongeng
|
MENGASOSIASI
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari kalimat offering/suggest
|
Menalar
dan membandingkan
Kalimat Offering dan
Suggest
|
MENGKOMUNIKASIKAN
|
Peduli
Tanggung jawab
Kerja sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari kalimat offering/suggest
|
·
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari kalimat
offering/suggest
·
Mendemonstrasikan
keterampilan memaparkan cerita/dongeng
|
Rubriks untuk penilaian
kinerja (perfomans)
KRITERIA
|
D
(1)
|
C
(2)
|
B
(3)
|
A
(4)
|
Mengamati
|
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
|
Kegiatan jelas namun tidak rinci
|
Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
|
Semua kegiatan Jelas dan Rinci
|
Menanya
|
Kalimat kurang bias dipahami
|
Kalimat jelas namuna dabeberapa
unsure bahasa yang belum tepat
|
Kalimat jelas dengan struktur dan
unsure bahasa yang yang sederhana
|
Kalimat dengan struktur sesuai dan
unsure bahasa yang tepat serta pengucapan lancer
|
Melakukan Monolog
|
Membaca script, kosa kata terbatas,
dan tidak lancar
|
Sesekali melihat teks, kosa kata
terbatas tapi lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang,
serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial,
struktur lengkap dan unsure kebahasaan sesuai
|
MenyuntingMenulis teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur
tidak sesuai
|
Fungsi social tercapai, struktur tepat
dan unsure kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi social tercapai, struktur dan
unsure kebahasaan tepat
|
Fungsi social tercapai, struktur dan
unsure kebahasaan tepat serta ada modifikasi
|
Presentasi
|
Membacakan hasil tanpa media dan tidak
lengkap
|
Membacakan hasil menggunakan
multimedia
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca
namun kurang lancar
|
Menggunakan multimedia tanpa membaca
dan lancar
|
2.
Penugasan/ulangan harian
Tugas:
Write a dialogue about
giving an offer and suggest
3. Observasi:
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Bertanggung jawab
|
peduli
|
Kerjasama
|
Percaya diri
|
santun
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Note:
Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 =
Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5 = Amat Baik
4.
Portofolio
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Peserta
didik :
________________________________________
Kelas : _______________________________________
Guru :
________________________________________
NO
|
Kreteria Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
|
5 kreteria terpenuhi
|
4 Kreteria terpenuhi
|
3 Kreteria terpenuhi
|
≤ 2 kreteria terpenuh
|
2.
|
Ada rekaman dialog offering and suggest
|
||||
3.
|
Ada kumpulan karya peserta
didik yang mendukung proses penulisan teks dialod berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
|
||||
5.
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
5.
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
|
A summary of what I have covered:
|
Things I am still not sure of:
|
What do I need to do to overcome
these uncertainties?
|
Things I have learned successful today:
|
6.
Penilaian Sejawat
Berupa komentar
……………………………….
2014
Mengetahui:
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Sunardi,
S.Pd Dalilah,
S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar