Adventure Time - Penguin

Blogroll

November 03, 2014

RPP KELAS XI BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
           
            Sekolah                        :  SMK IPTEK JAKARTA
            Mata Pelajaran           :  Bahasa Inggris
            Kelas/Semester           :  XI/1
            Materi Pokok              :  Teks lisan dan tulis untuk memberi tawaran/saran dan responnya
            Alokasi Waktu             :  4 JP ( 2 pertemuan)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.      Menghayati danm,engamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungann alam serta sosial dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktuan, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Kompetensi Dasar
1.1            Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1.  Menunjukka perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
            Indikator:
• Students are able to identify what is offer
• Students are able to identify what is suggestion
• Students are able to differentiate between offer and suggestion
• Students are able to explain the usage of offer
• Students are able to explain the usage of suggestion

4.1      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
            Indikator :
• Students are able to offer based on context properly
• Students are able to respond to an offer properly
• Students are able to give suggestion based on context properly
• Students are able to respond suggestion properly
• Students are able write offering expression correctly
• Students are able to write suggestion correctly

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tertulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
                         EXPRESSION OF GIVING AN OFFER AND SUGGESTION
Offer                                        Suggestion
Could I ...                               Let’s go ....
I Offer ...                                 We propose ...
Will I….                                  I Suggest….
Shall I…                                 We Advocate
Can we…                              I put forward
Would you…                         I advice

Example :
Could I bring you a cup of tea?
                                        
RESPONDING TO SUGGESTIONS
RESPONDING TO OFFERS
A.   Metode Pembelajaran:
·         TBL (Task Based Learning), Diskusi,  Tanya-jawab,dan Presentasi
·         Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)

B.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.      Media                     : VCD dan Power Point Presentation
2.      Alat                         : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.      Sumber Belajar     :  English Book Class XI Semester 1

C.        Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran memberi saran dan tawaran dan responnya sesuai;
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereviw materi sebelumnya dan juga tentang  memberi saran dan tawaran dan responnya sesuai materi yang akan dipelajari:
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
a.       Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (20’)
*      Peserta didik membaca dongeng yang dibagikan guru. Setelah itu peserta didik menonton gambar-gambar tentang dongeng yang terkenal di Indonesia maupun di mancanegara yang ditayangkan guru. (Peserta didik melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru berupa lembar kerja)
*      Peserta didik belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari gambar yang ditayangkan melalui beberapa pertanyaan arahan.
Mengumpulkan Informasi (40’)
·         Peserta didik secara berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi tertentu dan informasi rinci serta fungsi sosial dari teks cerita dongeng yang dibaca.
·         Peserta didik secara berkelompok menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci, fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari cerita dongeng yang dibaca.
b.   Penutup (5’)
·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
·      melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca melalui internet berbagai deskripsi tentang folklore (cerita dongeng).
·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran Teks lisan dan tulis untuk memberi tawaran/saran dan responnya
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereviu materi sebelumnya dan mengkaitkannya dengan materi yang akan dipelajari:
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.       Kegiatan Inti (75’)
Mengumpulkan Informasi (45’)
·         Peserta didik secara berkelompok membacakan macam- macam ungkapan  memberi tawaran/saran dan responnya dari berbagai sumber yang sudah ditugaskan sebelumnya dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
·      Peserta didik secara berkelompok melakukan dialog dengan teman sebaya berdasarkan pertanyaan-pertanyaan arahan dari guru.
·      Peserta didik menulis dialog tentang memberi tawaran/saran dan responnya.
·      Peserta didik mengerjakan latihan yang ada di buku sesuai teks struktur dan unsur kebahasaannya
Mengasosiasi (30’)
·         Peserta didik  menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.  
·      Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

c.    Penutup (5’)
·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·      You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
·      Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberi, dan menerima saran dan tawaran dalam jurnal belajar (learning journal).
·      melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas menulis dongeng yang berasal dari daerahnya masing-masing
·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan kegiatan membuat poster biografi tentang tokoh terkenal.
D.       Penilaian hasil pembelajaran
·      Jenis/instrumen/rubrik
1.      Kinerja (praktik)
a.    Melakukan dialog tentang memberi tawaran/saran dan responnya di depan kelas / berpasangan dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks dialog tentang memberi tawaran/saran dan responnya
b.    Melaksakan Kegiatan saintifik (5 M)
Aspek

Kegiatan
SIKAP/ PERILAKU
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN

MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan beberapa teks)

Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

Menemukan informasi dan menjawab pertanyaan:
1.    Did the fisherman like asking the fish for wishes? How did he feel about it? Do you think he could have done something else instead of going back to the fish
again and again?
2.    The story doesn't reveal how the prince was turned into a fish. What do you think might have happened?
3.    Do you think the prince will stay a fish forever?
4.    What happened at the end of the story? Please describe?
5.    Why did the fisherman's wife keep asking her husband to go back to the fish?
6.    What do you think of fisherman's wife? Do you feel sorry for her? Or do you feel angry with her? Discuss.
7.    If you had a chance to rewrite the story, how would the story end? Write your ending of the story.
8.     Imagine you are the fish in the story. Can you narrate the story from his point of view?
9.    What lesson did you learn from this story?

MENANYA
Peduli
Tanggung jawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial,  dan unsur kebahasaan serta isi teks memberi tawaran/saran dan responnya di depan kelas

MENGUMPULKAN DATA
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

·      Melakukan dialog
·      Bercerita tentang sebuah dongeng

MENGASOSIASI
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari kalimat offering/suggest

Menalar dan membandingkan
Kalimat Offering dan Suggest
MENGKOMUNIKASIKAN
Peduli
Tanggung jawab
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari kalimat offering/suggest

·    Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari kalimat offering/suggest
·    Mendemonstrasikan keterampilan memaparkan cerita/dongeng
Rubriks untuk penilaian kinerja (perfomans)
KRITERIA
D
(1)
C
(2)
B
(3)
A
(4)
Mengamati
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
Kegiatan jelas namun tidak rinci
Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
Semua kegiatan Jelas dan Rinci
Menanya
Kalimat kurang bias dipahami
Kalimat jelas namuna dabeberapa unsure bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur dan unsure bahasa yang yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsure bahasa yang tepat serta pengucapan lancer
Melakukan Monolog
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsure kebahasaan sesuai
MenyuntingMenulis teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi social tercapai, struktur tepat dan unsure kebahasaan kurang tepat
Fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat
Fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat serta ada modifikasi
Presentasi
Membacakan hasil tanpa media dan tidak lengkap
Membacakan hasil menggunakan multimedia
Menggunakan multimedia tanpa membaca namun kurang lancar
Menggunakan multimedia tanpa membaca dan lancar
2.    Penugasan/ulangan harian
Tugas:
*      Write a dialogue about giving an offer and suggest


3.    Observasi: 
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
Indikator Sikap.

Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab
peduli
Kerjasama
Percaya diri
santun
1






2






3






4






Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang  2 = Kurang  3 = Cukup 4 = Baik   5 = Amat Baik















4.    Portofolio
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Peserta didik                     : ________________________________________
Kelas                                 :  _______________________________________
Guru                                 : ________________________________________
NO
Kreteria                       Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
5 kreteria terpenuhi
4 Kreteria terpenuhi
3 Kreteria terpenuhi
≤ 2 kreteria terpenuh
2.
Ada rekaman dialog offering and suggest
3.
Ada kumpulan  karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks dialod berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
4.
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
5.
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat














5.    Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:

6.    Penilaian Sejawat
Berupa komentar




                                                            ………………………………. 2014
Mengetahui:                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


Sunardi, S.Pd                                                               Dalilah, S.Pd

Tidak ada komentar: